Jumat, 29 November 2013

Cerita dari Malang

           Perkenalkan, saya salah satu dari dua delegasi dari Universitas sebelas Maret untuk LKMM Nasional IKAMABI 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Saya sebenarnya bingung kenapa bisa saya yang berangkat. Hehehe. Namun dengan mengucap bismillah, hati ini memantapkan niat dan membuka pikiran untuk menerima ilmu dari kota apel. Seperti de javu, perjalanan ini mengingatkan saya akan perjalanan empat tahun silam. Di kota yang sama dengan kegiatan bernama Pembinaan Kepemimpinan Pengurus OSIS tingkat SMP/SMA se-Jawa Timur. Dan kali ini saya kembali ke sini dengan aroma yang hampir sama. Mungkin bedanya kalau dulu tingkat provinsi, sekarang tingkat nasional. Yaa, setelah selama tiga tahun di SMA saya vakum dan berhenti menjadi manusia aktif *hehehe :D rasanya kangen juga dengan sibuknya kegiatan. Kangen pulang sore atau malam untuk menyiapkan kegiatan, kangen suasana rapat, kangen maju memegang mikrofon dan melakukan sambutan setiap kali  ada acara *hahaha. Rasanya sedikit hampa ketika tidak melakukan apa pun.
Rabu malam (13/11) sekitar pukul 21.00 WIB saya berangkat dari kos menuju agen bus Rosalia Indah dekat Terminal Tirtonadi Solo. Di tengah hujan yang cukup lebat saya diantar mbak Kristin (mbak kos saya yang saya panggil mbak dokter karena sudah lulus pendidikan dokter, dan sekarang sedang koass).
Terima kasih ya mbak, maaf sudah merepotkan. Semoga koassnya lancar dan segera bergelar “dokter”. Aamiin :) . Sampai di sana ternyata baru saya yang datang. Beberapa menit kemudian mbak Papila (kakak tingkat angkatan 2011) datang dan tak lama disusul oleh teman – teman baru saya, Rif’atin dan Rufida (perwakilan dari Poltekkes Surakarta). Agak lama akhirnya mbak Tiwi (kakak tingkat angkatan 2012) datang juga. Nah, lengkap sudah kontingen dari Solo. Dari Universitas Sebelas Maret ada tiga orang dari angkatan 2011-2013, dan dari Poltekkes Surakarta ada dua orang dari angkatan 2013. Sekitar pukul 21.30 WIB bus mulai bergerak menembus malam, membawa kami menuju dinginnya Malang.
Kamis (14/11) pagi sekitar pukul 05.00 WIB kami sampai di Terminal Arjosari Malang. Kami sempatkan sholat shubuh dulu di SPBU samping terminal sembari menunggu jemputan panitia. Sekitar pukul enam kurang akhirnya mobil jemputan datang. Saya lupa nama panitia yang menjemput kami, seingat saya mbaknya dari Sidoarjo Jawa Timur dan sekarang semester 3 di S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Dan selama perjalanan menuju wisma kami harus berdesakan dan mbak Tiwi harus rela memangku saya karena mobil yang dipakai menjemput kami adalah Suzuki Swift, bayangkan mobil sekecil itu dimasuki kami berenam -_- . Yaps, alhamdulillah akhirnya sampai juga di penginapan dan tempat acara. Saya kira acaranya di kampus UB, ternyata tetap di wismanya. Gagal total deh rencana bertemu teman – teman SMA saya T_T . Yah, mungkin Allah belum menakdirkan kami bertemu saat itu. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah sambutan – sambutan, pemilihan Bu Lurah (ketua angkatan), kami disuguhi penampilan dari Medical Choir FK UB yang memukau.  Hanya ada dua materi yang diberikan pada hari pertama itu, materi dari WHO yang diberikan oleh dokter Samuel, dan dari Mbak Eka Astuti (Sekjen IKAMABI 2013) dengan materi profil IKAMABI. Malamnya kami ada satu lagi materi “Teknik Advokasi” dari mbak Amelia (Universitas Brawijaya) dan dilanjutkan Forum Group Discussion. Hari pertama usai. Saatnya beristirahat bagi kami.
Hari kedua, Jumat (15/11). Pukul 04.00 WIB panitia sudah mengetuk pintu – pintu kamar peserta agar segera menuju mushola dan melakukan sholat shubuh berjamaah dilanjutkan kajian semacam kultum. Setelah itu, kami semua melakukan senam pagi :D . Materi dimulai pukul 08.00 WIB dengan materi “Nasionalisme” dari Mbak Fauziah (kalau tidak salah dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya). Sebelum berlanjut ke materi selanjutnya, kami ada coffe break. Menyenangkan sekali coffe breaknya, karena kami bisa mencicipi snack khas dari berbagai daerah. Sebelumnya kami memang sudah diwajibkan membawa dua macam snack khas daerah. Mungkin yang paling jauh adalah dari Makassar. Materi selanjutnya juga tidak kalah seru dari Kak Yeremia (FK UB). Nah, di hari kedua ini ada outbond :D . Sekitar pukul 13.00 WIB kami memulai outbond sampai sore. Seru sekali ketika kami semua bermandikan tepung dan basah kuyup :D. Malamnya kami ada satu materi lagi dan seperti biasa berlanjut pada Forum Group Discussion.
Alhamdulillah, tidak terasa sudah masuk hari ketiga. Umm... melihat jadwal kegiatan hari ketiga ini seperti dikejar setoran. Padat sekali. Tapi harus tetap semangat dong... :D . Mengawali pagi dengan sholat shubuh berjamaah, kajian, tapi tidak ada senam pagi karena panitia tahu kaos kami sudah kotor untuk outbond kemarin (mbak – mbak panitia baik deh. Hehe). Hari ketiga ada empat materi yang harus kami ikuti. Malamnya adalah acara yang ditunggu – tunggu. Setelah sedikit AMT (Achievement Motivation Training) dari kak... (nah, lupa lagi namanya -_-) pokoknya dari FK UB, kami ada Makrab (Malam Keakraban), yaitu kami yang sudah sejak awal dibagi menjadi beberapa kelompok harus menampilkan sesuatu yang menghibur. Ditemani keripik buah dan jagung bakar. Ternyata semuanya kreatif, penampilan – penampilannya tidak membosankan dan tidak bikin ngantuk. Setelah itu....saatnya tukar kado.... :D . Sebelumnya kami memang sudah diminta untuk membawa sesuatu senilai 10 ribu – 25 ribu yang tidak akan habis dan dibungkus kertas koran. Dan saya mendapat sebuah buku berjudul “La Tahzan untuk Ibu Hamil”, agak tertawa juga ketika mendapat ini, umm.. mungkin belum berguna dalam waktu dekat ini, tapi pasti akan sangat berguna suatu saat nanti  untuk saya J . Terima kasih untuk mbak jum’ah dari Poltekkes Sopraoen Malang yang sudah memberi ini J . Hari itu ditutup dengan keceriaan dan kenangan yang tidak akan terlupa. Oya, saya juga bertemu teman satu angkatan pas SMA yang jadi panitia dan mbak panitia yang dari Kediri juga J . Oya, saya juga merasakan bagaimana rasanya agak sedih, patah hati, gara – gara bertemu sang mantan calon. I mean... itu...yang di Surabaya yang warnanya biru tua. Kalau lihat orang lain memakai itu rasanya.... Ah, sudah lah, kenapa saya malah curhat. Hahaha. Tiga tahun lagi juga saya akan menebus mimpi saya di sana. Aamiin.
Hari terakhir, Minggu (17/11) adalah full untuk kami city tour. Jangan berbicara tentang materi di hari ini . Hhehe. Paginya kami ada sesi foto – foto bareng. Yaa, namanya juga perempuan kalau sudah kena jepretan kamera bisa betah berjam – jam :3 . Kami juga mendapat kesempatan menempelkan foto kami di backdrop dan membubuhi tanda tangan. Setelah upacara penutupan, kami diantar per kelompok oleh sebuah mobil menuju bus yang akan membawa kami city tour. Tujuan pertama kami mampir ke sebuah pusat oleh – oleh “Harum Manis”. Dilanjutkan menuju Eco Green Park. Cukup menyenangkan bisa berjalan dan menikmati pemandangan serta mencoba beberapa wahana. Di sana seperti biasa kami tidak lupa untuk jepret – jepret (sepertinya kegiatan ini yang paling dominan dilakukan :3). Pukul 12 siang lebih kami sudah diinstruksikan panitia untuk kembali ke bus. Dan di sini lah perpisahan kita teman... Ada yang sudah dijemput mobil dan menuju stasiun, ada yang tetap tinggal di bus untuk menuju terminal dan tempat asal kami. Saya, mbak Papila, mbak Tiwi, Rufida, dan Rif’atin sampai di Terminal Arjosari sekitar pukul 3 sore karena jalannya lumayan macet akibat karnaval. Dan bus yang akan membawa kami ke Solo baru berangkat pukul 7 malam. Selama menunggu kami berbagi cerita di mushola terminal diiringi hujan yang mengguyur sore itu. Selamat tinggal para srikandi yang akan membawa perubahan di Indonesia. Selamat jalan teman sejawat, semoga bisa dipertemukan lagi di lain kesempatan. Terima kasih sudah membagi semangat dan inspirasi selama empat hari ini. Dan usai sudah LKMM (Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa) Nasional IKAMABI 2013 ini, tapi semangat kami tidak akan pernah usai. Semangat untuk mengabdi membangun negeri serta membawa perubahan untuk menuju Indonesia yang lebih baik.
                                               
-20 November 2013, di sebuah kamar kost, pukul 00.12 WIB-

ini sebagian "oleh-oleh" saya . hehehe :D









Tidak ada komentar:

Posting Komentar