Minggu, 05 Maret 2017

Dari Liwet ke Liwet -- Cerita Nasi Liwet di Solo

Assalamualaikum. Wah, sudah lama ya saya tidak coret-coret di sini. Hehe. Duh, gimana ya... kesibukan yang tak ada habisnya sih... ini juga lagi fight for skripsweet :"( *alesan :p. Okay, tidak usah panjang kali lebar, kali ini saya akan menulis sedikit ulasan tentang nasi liwet atau sego liwet dalam Bahasa Jawa. Sudah hampir 4 tahun hidup di Surakarta (Solo) salah satu kuliner kesukaan saya adalah nasi liwet ini. Pertamakali mencoba makanan bernama nasi liwet itu ya waktu jadi mahasiswa di Solo, dan.... langsung ketagihan *emang dasarnya doyan makan sih :3. Nasi liwet itu nasi gurih dimasak dengan santan kelapa (mirip nasi uduk), dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh (sari santan kental). Okay, jadi sepanjang perjalanan saya dalam dunia perkulineran Solo, ini beberapa nasi liwet yang pernah saya coba plus testimoninya:
 1. Nasi liwet depan kolam renang Tirtomoyo (Jalan. Kol. Sutarto, samping mantan kampus Kebidanan, Hiperkes, dan K3 UNS). Nasi liwet ini yang jual mbah-mbah sama anaknya (sepertinya) yang sudah ibuk-ibuk. Tempatnya di pojok dekat gapura kandang sapi yang ada patung dinosaurusnya. Ini nasi liwet favorit belum ada yang menandingi sampai sekarang. Karena murah dan enak. Pas dikantong mahasiswa. Harganya 5000 rupiah sudah dapat nasi liwet, sayur labu siam, telur separuh, suwiran ayam, dan areh. Kalau mau telur utuh jadi 6000. Tapi sering kehabisan kalau kesiangan. Sebelum shubuh sudah buka, tutupnya kalau sudah habis (biasanya sebelum jam 7 sudah habis).
2. Nasi liwet depan Asgross Arroyyan. Ibuk-ibuk yang jualan dekat ATM BRI. Nasi liwet dengan telur separuh dan suwiran ayam harganya 6000 rupiah. Rasanya ya not too bad lah. Rasa dan harga pas.
3. Nasi liwet depan Solo Technopark Bu Mulyani. Nah, ini harganya memang agak sedikit "nyentil" sih buat kantong mahasiswa. Nasi liwet telur separuh (telurnya kecil pulak. hehe), suwiran ayam harganya 8000 rupiah. Rasanya menurut saya ya senormalnya nasi liwet, tapi agak kurang pas di lidah saya.
4. Nasi liwet dekat Klinik/RB Barokah Pajang. Jualannya dekat gang masuk rawat inapnya klinik barokah. Harganya saya agak lupa, antara 5000-6000 kalau tidak salah. Isinya sama, nasi liwet, telur separuh, suwiran ayam. Rasanya not too bad juga. Ini saya langganan waktu masih praktik di Klinik/RB Barokah itu tiap pagi.
5. Nasi liwet CFD Slamet Riyadi Solo (seberang jalan Hotel Surakarta Heritage). Harganya saya lupa, mungkin sektar 7000-8000 mengingat daerah CFD. Rasanya lumayan, harganya lumayan.
6. Nasi liwet Wongso Lemu. Nasi liwet yang bikin ngelus dada karena harganya. Hahahaha. Nasi liwet seperti pada umumnya (telur separuh plus suwiran ayam kampung) harganya 20.000 rupiah. Kalau ayamnya utuh 22.000 rupiah. Omaigat...harganya 4x lipat dari yang depan kolam renang Tirtomoyo itu. Haha. Yaa... tidak heran, karena memang Wongso Lemu ini masuk dalam jajaran legenda kuliner Solo. Apa ya... menang nama dan usia. Sudah dari tahun 1950 katanya. Tapi kalau disuruh balik lagi ke sini saya pikir-pikir lagi lah... rasanya juga tak jauh beda sama liwet-liwet lain soalnya. Hehe.

Selain rasanya yang sedap, nasi liwet ini filosofinya banyak lho. Ada sebuah cerita, konon Paku Buwana IX (1861-1893) memborong nasi liwet untuk para pangrawit keraton. Ketika hendak pulang, para penabuh gamelan keraton disediakan makanan nasi liwet. Para pangrawit diminta makan supaya istrinya nanti tidak repot menyiapkan sarapan (di rumah) yang semuanya dimasak oleh warga Kecamatan Baki, Sukoharjo, yang katanya disebut sebagai sentra nasi liwet. Dalam Serat Centhini (1814-1823), nasi liwet dihadirkan ketika Pulau Jawa diguncang gempa bumi. Nasi liwet dihadirkan dengan sebaris doa yang dilantunkan untuk keselamatan. Dalam naskah kono itu juga memuat kalimat: liwet anget ulam kang nggajih/ wus lumajeng ngarsi/ sadaya kemebul

Sepertinya itu saja sego liwet-sego liwet yang pernah saya cicipi selama hidup di Solo dan cuap-cuap kali ini. Semoga membantu dalam menentukan pilihan. Hehe. 



1 komentar: